top of page

Pengabdian Masyarakat: Coastal Kids Can Act: Peer Tutors in Muara Gembong


Menjelang akhir tahun 2022 lalu penulis memiliki kesempatan untuk melaksanakan pengabdian masyarakat yang disponsori oleh Program Hibah Kemahasiswaan FIB UI. Peran penulis dalam acara ini adalah sebagai ketua tim, namun pada kegiatan kali ini, penulis sangat bersyukur karena acara dapat terlaksana dengan baik berkat bantuan rekan tim penulis yakni, Annisa Amatha, Ghifari, Daffa, Yarinail Zaki, Syuja Davala, dan Dilla.

Acara dengan judul Coastal Kids Can Act ini mengusung tema SDGs dengan value utama pendidikan bermutu. Tim dan penulis memilih lokasi pesisir daerah Bekasi, daerah yang tidak jauh dari ibu kota, tetapi juga daerah yang tampaknya jauh dari fasilitas perkotaan. Pendidikan daerah ini agaknya cukup berbeda dengan sekolah lainnya di wilayah Bekasi. Banyak masalah yang kami temui, mulai dari minat belajar siswa hingga permasalahan kurangnya tenaga ajar. Karenanya program kami berusaha hadir dengan mengusung ide tutor sebaya.

Program mendapat sambutan hangat dari pihak sekolah yang menganggap kedatangan kami ke daerah pelosok tersebut dapat membuka mata para peserta didik untuk termotivasi melanjutkan hingga ke pendidikan yang lebih tinggi kelak. Program ini juga menuai pujian hangat dari orang tua murid, serta para murid itu sendiri. Adapun kegiatan utama yang dilaksanakan meliputi kegiatan peduli lingkungan dan pelatihan tutor sebaya. Pada akhirnya kegiatan kami dapat terlaksana dengan baik, sesuai rencana, dan mencapai harapan serta ekspektasi kami.



0 views0 comments

Commentaires


bottom of page